Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Mendorong Kewirausahaan dan Pembentukan Jiwa dan Raga di SMA Negeri 1 Banyuwangi

Web Resmi SMA Negeri 1 Banyuwangi (PRABANGKARA MANDALA ADHITAMA)

Created with Sketch.

Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Mendorong Kewirausahaan dan Pembentukan Jiwa dan Raga di SMA Negeri 1 Banyuwangi

SMA Negeri 1 Banyuwangi menggelar program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pekan ini, menghadirkan dua topik berbeda untuk kelas 10 dan 11. Dalam upaya memperkaya wawasan dan keterampilan siswa, kegiatan ini menyoroti kewirausahaan bagi kelas 10 dan pembentukan jiwa serta raga bagi kelas 11.

Kewirausahaan: Membangun Semangat Berinovasi di Kelas 10

Kelas 10 SMA Negeri 1 Banyuwangi diperkenalkan dengan esensi kewirausahaan melalui Proyek P5. Berbagai kegiatan interaktif dan simulasi diterapkan untuk menanamkan semangat berinovasi dan kreativitas dalam diri siswa. Melalui sesi-sesi diskusi, pelatihan praktis, dan kompetisi ide bisnis, siswa diberikan wawasan yang komprehensif tentang dunia kewirausahaan. Selain itu, para siswa juga diajak untuk merancang rencana bisnis sederhana sebagai wujud aplikasi dari pengetahuan yang diperoleh. Diharapkan, kegiatan ini mampu memupuk jiwa kewirausahaan yang kuat di kalangan siswa, sebagai bekal utama menuju masa depan yang cerah.

Bangunlah Jiwa dan Raganya: Pembentukan Karakter di Kelas 11

Di sisi lain, kelas 11 menghadapi topik yang berfokus pada pembentukan jiwa dan raga. Program ini bertujuan untuk membantu siswa memahami pentingnya menjaga kesehatan mental dan fisik dalam meraih kesuksesan. Dengan pendekatan holistik, kegiatan ini melibatkan berbagai aktivitas, mulai dari seminar tentang kesehatan mental hingga sesi olahraga dan relaksasi. Melalui pendekatan yang menyeluruh ini, diharapkan siswa dapat memahami bahwa keberhasilan sejati tidak hanya ditentukan oleh prestasi akademis semata, tetapi juga oleh keseimbangan jiwa dan raga.

Kepala SMA Negeri 1 Banyuwangi, Dra. Ni Wayan Sedariasih,M.Pd., mengungkapkan, “Proyek P5 ini bukan sekadar program pendidikan biasa, tetapi merupakan komitmen kami untuk membentuk generasi yang tangguh, berwawasan luas, dan berjiwa kreatif serta sehat. Kami berharap, melalui kegiatan ini, siswa kami akan menjadi pribadi yang siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan.”

Dengan demikian, Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Negeri 1 Banyuwangi menjadi tonggak penting dalam peningkatan kualitas pendidikan yang berfokus pada pembentukan karakter dan keterampilan siswa.