Pembekalan Studi Observasi Siswa SMA Negeri 1 Banyuwangi untuk Menggali Pengalaman Belajar yang Mendalam

Web Resmi SMA Negeri 1 Banyuwangi (PRABANGKARA MANDALA ADHITAMA)

Created with Sketch.

Pembekalan Studi Observasi Siswa SMA Negeri 1 Banyuwangi untuk Menggali Pengalaman Belajar yang Mendalam

SMA Negeri 1 Banyuwangi, 5 Maret 2024 – Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas wawasan siswa, SMA Negeri 1 Banyuwangi menyelenggarakan pembekalan studi observasi bagi siswa-siswi kelas 11. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang mendalam melalui pengamatan langsung terhadap lingkungan sekitar.

Pembekalan studi observasi ini merupakan bagian dari program pendidikan yang holistik, yang tidak hanya memfokuskan pada pembelajaran dalam kelas tetapi juga di luar kelas. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan pengamatan, analisis, serta pemecahan masalah secara mandiri.

Kegiatan pembekalan tersebut dihadiri oleh seluruh siswa kelas 11 bersama para guru pembimbing. Mereka diberikan pemahaman tentang pentingnya studi observasi dalam mendukung proses pembelajaran, serta diberikan panduan tentang bagaimana cara melakukan observasi yang efektif dan bertanggung jawab.

“Siswa kami akan diberikan kesempatan untuk mengamati berbagai lingkungan, mulai dari industri lokal, situs bersejarah, hingga tempat-tempat seni dan budaya,” ujar Waka Kesiswaan SMA Negeri 1 Banyuwangi, Bapak Gede Agus Budi Harta. “Kami percaya bahwa pengalaman belajar di luar kelas dapat memberikan wawasan yang berharga dan memperkaya pemahaman siswa tentang dunia nyata.”

Siswa-siswi diarahkan untuk memilih topik observasi yang sesuai dengan minat dan bidang studi mereka. Setelah melakukan observasi, mereka akan diminta untuk membuat laporan yang mencerminkan pemahaman mereka terhadap pengalaman tersebut. Laporan-laporan tersebut akan dinilai oleh guru pembimbing, sehingga siswa dapat memperoleh umpan balik yang membangun untuk pengembangan lebih lanjut.

“Pembekalan studi observasi ini merupakan langkah penting dalam persiapan siswa untuk menghadapi dunia nyata setelah mereka lulus dari SMA,” tambah Bapak Gede Agus Budi Harta. “Kami berharap melalui kegiatan ini, siswa dapat mengasah kemampuan mereka dalam mengamati, menganalisis, dan memahami lingkungan sekitar, serta mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh dalam kehidupan mereka di masa depan.”

Dengan semangat belajar yang tinggi, siswa-siswi SMA Negeri 1 Banyuwangi siap untuk menjalani pengalaman belajar yang mendalam melalui studi observasi mereka. Ini adalah langkah nyata dalam mengembangkan potensi siswa secara menyeluruh, serta mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin masa depan yang berpengetahuan luas dan berwawasan global.